Jejak pengungsi memudar setelah arus utama Arkansas

Jejak pengungsi memudar setelah arus utama Arkansas

HELENA, Mont. (AP) – Jejak menjadi dingin dalam pencarian narapidana Arizona yang melarikan diri dan tersangka kaki tangannya, dengan otoritas federal yang bingung mengatakan mereka tidak tahu di mana pasangan itu berada dan memperingatkan para pelancong yang berhenti di perkemahan dan halte truk untuk waspada.

John McCluskey dan Casslyn Welch, dua buronan Amerika yang paling dicari, tidak dapat diprediksi dan memiliki pengalaman mengemudi truk jarak jauh, yang berarti mereka terbiasa mengemudi jarak jauh dalam waktu singkat, kata Fidencio Rivera, wakil kepala Marsekal AS untuk Arizona. Kamis. Rute mereka melintasi lebih dari 1.900 mil dari pelarian mereka pada 30 Juli dari penjara dengan keamanan menengah di Arizona hingga penampakan beton terakhir di Billings, Mont., Jumat lalu

“Pada titik ini, karena mereka bergerak sangat cepat dan mudah, kami tidak tahu,” kata Rivera. ‘Dalam dua setengah hari mereka bisa melintasi seluruh Amerika Serikat. Mereka bisa berada di mana saja.”

Marshals meminta para pelancong di halte truk di sepanjang jalan raya dan di perkemahan di seluruh negeri untuk berhati-hati terhadap pasangan itu, yang mungkin telah mengecat rambut mereka dan mengubah penampilan mereka. Mereka mungkin tidur di perkemahan dan membersihkan tempat pemberhentian truk saat bepergian dengan Nissan Sentra 1997 yang secara terpisah digambarkan berwarna abu-abu, emas, dan coklat, kata Rivera.

Pihak berwenang percaya McCluskey, 45, dan Welch, sepupu dan tunangannya yang berusia 44 tahun, berbahaya dan dibayar untuk liburan mereka dengan merampok bisnis pinggir jalan. Mereka dan sesama narapidana yang melarikan diri Tracy County, yang memisahkan diri dari kelompok dan ditangkap hari Minggu di Wyoming, juga menjadi tersangka kematian pasangan Oklahoma yang mayatnya ditemukan minggu lalu di timur New Mexico.

“Kami khawatir orang-orang ini akan melakukan lebih banyak kejahatan,” kata Rivera. “Mereka putus asa. Orang-orang ini tidak berpikir rasional.”

Sedikit yang diketahui tentang latar belakang pasangan yang, menurut pihak berwenang, menjadikan diri mereka Bonnie dan Clyde modern. McCluskey menjalani hukuman 15 tahun penjara karena percobaan pembunuhan, penyerangan yang diperparah, dan penggunaan senjata api. Dia juga menjalani hukuman 14 tahun di penjara negara bagian Pennsylvania karena serangkaian perampokan toko serba ada pada April 1992.

Welch berasal dari Arkansas, tempat dia masih memiliki keluarga.

McCluskey, County dan Daniel Renwick keluar dari penjara Arizona barat laut ketika Welch melemparkan alat pemotong kawat melewati pagar dan para penjahat memotong jalan mereka melalui pagar, kata pihak berwenang.

Tetapi keempatnya menjadi bingung dan tidak dapat menemukan mobil pelarian mereka – yang diparkir Welch di dekatnya dengan uang tunai, senjata, dan identitas palsu, kata Rivera.

Kelompok itu berpisah, dan Renwick menemukan kendaraan itu dan pergi, meninggalkan tiga lainnya untuk membajak sebuah kendaraan dan menuju ke Flagstaff dalam perjalanan yang mencakup penampakan di Amarillo, Texas, Santa Rosa, NM, dan Taman Nasional Yellowstone, Wyo.

Renwick ditangkap dua hari setelah pembobolan penjara di Rifle, Colorado, di mana dia diduga menembak seorang petugas yang mengejar dengan harapan polisi akan membunuhnya, menurut dokumen pengadilan.

Polisi menggeledah Chevy Blazer yang dikemudikan Renwick dan menemukan senapan kaliber HiPoint .40 model 4095 dan 141 butir amunisi, serta sembilan selongsong peluru kaliber .40 bekas. Polisi juga menemukan bantal, selimut, uang tunai $2.925, mariyuana, perlengkapan obat-obatan dan dompet hitam, serta surat izin mengemudi milik seorang pria California. Petugas juga menemukan darah di dalam kendaraan tersebut, namun mereka tidak tahu milik siapa.

Pihak berwenang New Mexico mengatakan bukti forensik mengaitkan kelompok itu dengan kematian pasangan Oklahoma yang mayatnya ditemukan seminggu lalu di kemping mereka yang hangus di bagian timur negara bagian itu. Sisa-sisa kerangka Linda dan Gary Haas yang terbakar parah – keduanya berusia 61 tahun dan dari Tecumseh, Oklahoma – ditemukan di sebuah pertanian terpencil di timur New Mexico.

“Kami percaya pada saat itu mereka bersama, meskipun siapa yang melakukan apa, kami tidak tahu sama sekali,” kata Rivera. “Kami tunduk pada Kepolisian Negara Bagian New Mexico.”

Polisi Negara Bagian New Mexico menolak untuk menguraikan kematian tersebut.

Pencarian pasangan itu tiba-tiba beralih dari Montana ke Arkansas pada hari Rabu ketika pasangan yang cocok dengan deskripsi mereka merampok sebuah salon kecantikan di kota Gentry. Pejabat di Arkansas mengatakan mereka “tidak punya alasan untuk percaya” bahwa McCluskey dan Welch melakukan perampokan, tetapi pejabat AS mengatakan petunjuk di sana belum habis dan penyelidikan berlanjut.

Juru bicara Benton County Sheriff, Doug Gay, mengatakan Kamis bahwa pencarian ekstensif di sekitar Gentry diperkirakan akan diperkecil.

“Kami ingin tahu apakah itu pasangan dari Arizona,” kata Gay. “Semua indikator menunjukkan tidak.”

Pemilik salon, Joyce Cook, sedang sendirian di bisnisnya pada Rabu pagi ketika sepasang suami istri masuk dan wanita itu berkata dia ingin potong rambut. Kemudian pria itu menarik pistol, mengikatnya dengan tali dan mencuri uang.

Gay mengatakan Cook diperlihatkan foto-foto para buronan, dan meskipun para pejabat yakin mereka telah mengubah penampilan mereka – Welch mengecat rambutnya menjadi pirang dan McCluskey mengecatnya menjadi hitam – Cook yakin mereka bukan pasangan di tokonya.

“Dia tidak memiliki rambut pirang dan tidak berubah warna. Saya akan langsung mengakuinya, ‚ÄĚkata Cook. Wanita itu memiliki rambut cokelat dengan highlight kemerahan, kata Cook.

Perbedaan lainnya: Cook mengatakan perampok laki-laki tidak memiliki tato yang terlihat, seperti yang dilakukan McCluskey.

Sementara itu, pencarian masih berlangsung di Montana. Dua hari setelah pasangan itu terlihat di Billings, Welch dilaporkan ditemukan di kota St. Louis. Mary melihat di sebelah timur Taman Nasional Gletser. Laporan tersebut mendorong pihak berwenang untuk berkumpul di lahan terbuka yang liar di Reservasi Indian Blackfeet dan untuk memeriksa mobil yang melintasi perbatasan ke Kanada.

Marshals tidak dapat mengkonfirmasi penampakan itu, kata Rivera Kamis, meskipun patroli terus berlanjut di wilayah tersebut dan di perbatasan.

“Sama sekali tidak ada (baru) di daerah ini sejak penampakan hari Minggu di St. Louis. Mary tidak,” kata Wade Muelhoff, juru bicara Taman Nasional Gletser, tempat para pejabat membantu pejabat AS dalam pencarian.

___

Juozapavicius melaporkan dari Gentry, Ark. Penulis AP Peter Banda di Glenwood Springs, Colo., dan Mark Carlson di Phoenix berkontribusi pada laporan ini.

Pengeluaran Sydney