3 minggu dalam pelarian, buronan ditangkap tanpa perlawanan

3 minggu dalam pelarian, buronan ditangkap tanpa perlawanan

ST. JOHNS, Ariz. (AP) — Pelarian dari penjara memicu perburuan selama tiga minggu yang membentang dari Arizona ke Montana hingga Arkansas. Tapi itu tidak berakhir jauh dari tempat awalnya.

Tim pelarian “Bonnie and Clyde” gadungan John McCluskey dan pacar Casslyn Welch menyerah tanpa pertumpahan darah di sebuah perkemahan di Arizona timur.

Pihak berwenang masih menyatukan aktivitas mereka pada hari Jumat, tetapi entah bagaimana mereka menyelinap kembali ke Arizona. Seorang penjaga yang jeli melihat Nissan mereka yang rusak di sebuah perkemahan, memberikan tip yang mengarahkan polisi ke mereka.

Ketika tim SWAT turun ke perkemahan pada Kamis senja, Welch meraih senjata tetapi menjatuhkannya ketika dia menyadari dia telah dipecat, kata polisi. McCluskey yang bertelanjang dada dan bertato mengatakan kepada petugas bahwa dia menyesal tidak menembak mereka dengan pistol yang dia miliki di tenda terdekat.

“Dia tidak menyesal,” Cmdr Sheriff Apache County. kata Webb Hogle.

Penangkapan itu mengakhiri perburuan yang dimulai 30 Juli ketika McCluskey dan dua pembunuh kabur dari penjara dengan keamanan menengah di Kingman, 185 mil barat laut Phoenix. Pihak berwenang mengatakan Welch – sepupu dan tunangan McCluskey – melemparkan satu set pemotong kawat ke halaman penjara, yang memungkinkan mereka membuka pagar.

Seorang tahanan ditangkap setelah baku tembak di Colorado. Yang lainnya ditangkap di sebuah kota kecil di Wyoming setelah terlihat di sebuah gereja.

Pelarian itu menjadi sorotan kritis pada sistem penjara Arizona. Sebuah laporan Kamis menemukan serangkaian kerusakan yang memungkinkan para narapidana menyelinap ke padang pasir, termasuk alarm yang sering berbunyi sehingga staf penjara sering mengabaikannya.

McCluskey, 45, dan Welch, 44, diduga melakukan beberapa kejahatan, termasuk pembunuhan pasangan New Mexico yang mayatnya yang terbakar ditemukan di Santa Rosa. Para pejabat mengatakan Nissan memiliki pelat nomor New Mexico yang dicuri saat mereka dibunuh.

Selama penangkapan, dia mengatakan bahwa senjata yang digunakan dalam pembunuhan itu ada di tendanya, kata polisi.

McCluskey dan Welch muncul di hadapan Hakim Pengadilan Tinggi Apache County Donna Grimsley untuk penampilan awal pada hari Jumat.

Malamnya, mereka dipindahkan melintasi negara bagian ke Penjara Kabupaten Mohave di Kingman, di mana mereka dipesan dengan tuduhan melarikan diri, penculikan, perampokan bersenjata, dan penyerangan yang diperparah dengan senjata mematikan. Welch juga menghadapi tuduhan narkoba. Mereka dijadwalkan untuk sidang pendahuluan di Kingman akhir bulan ini.

Sementara itu, polisi menggeledah perkemahan untuk mencari bukti yang dapat menghubungkan mereka dengan kejahatan lain.

Penyelidik melihat 700 tip dari hampir setiap negara bagian dalam pencarian yang melibatkan petugas di kota-kota kecil dari Montana hingga Arkansas, kata David Gonzales, Marsekal AS untuk Arizona.

Penampakan kredibel terakhir terjadi pada 6 Agustus di Billings, Mont. Lebih banyak tip mengarahkan pihak berwenang ke utara ke Taman Nasional Gletser dan perbatasan Kanada.

“Kami telah membuang banyak sumber daya ke perbatasan itu dan daerah itu secara umum, di mana menurut saya tidak ada orang yang bisa tinggal di sana terlalu lama tanpa terdeteksi,” kata Rod Ostermiller, penjabat marshal AS di Montana.

Tidak jelas berapa lama mereka berada di Arizona. Pada satu titik, mereka berada di Eagar kecil, tepat di sebelah barat perbatasan New Mexico, untuk memperbaiki ban, kata Sheriff Apache County Joseph Dedman.

Hanya segelintir rumah yang bisa terlihat dari jalan berliku menuju perkemahan. Pengemudi melewati pepohonan tinggi, padang rumput luas, dan genangan air sebelum mencapainya, sekitar 20 mil dan satu jam perjalanan dari belokan sebelumnya.

“Mereka mulai merasa cukup nyaman, seperti memiliki peluang bagus untuk tidak tertangkap,” kata Hogle.

Sekitar pukul 16:00 Kamis, petugas Dinas Kehutanan AS menyelidiki apa yang tampak seperti api unggun tanpa pengawasan di Hutan Nasional Apache-Sitgreaves, kata Gonzales. Dia menemukan Nissan Sentra berwarna perak dengan curiga di pepohonan seolah-olah ada yang berusaha menyembunyikannya.

Ranger melakukan percakapan singkat dengan McCluskey, yang tampak gugup dan gelisah.

Petugas yang tiba tidak menyia-nyiakan kesempatan – sepenuhnya mengharapkan baku tembak oleh dua buronan yang putus asa. Helikopter, ambulans, anjing pelacak, dan tim sekunder didatangkan untuk menanggapi setiap laporan dari petugas di perkemahan.

Hogle mengatakan McCluskey dan Welch berdiri di samping mobil milik kemping tetangga saat tim SWAT bergegas masuk. Dia berteriak pada McCluskey untuk “naik”. Ketika buronan itu tidak menurut, kata Hogle, dia menurunkannya dengan paksa.

Anggota SWAT mengingatkan satu sama lain untuk tidak terlalu sering menggunakan senjata Welch jika digunakan dalam pembunuhan di New Mexico, kata Hogle.

McCluskey menjawab, “Tidak, senjata pembunuhnya ada di dalam tenda,” kata Hogle.

McCluskey juga memberi tahu pihak berwenang bahwa dia akan menggunakan pistol di dalam tenda untuk menembak mereka jika dia bisa mencapainya. Dia juga memberi tahu mereka bahwa dia seharusnya mengusir penjaga itu ketika dia memiliki kesempatan, kata polisi.

McCluskey menjalani hukuman penjara 15 tahun karena percobaan pembunuhan tingkat dua, penyerangan yang diperparah dan penggunaan senjata api, dan sebelumnya menjalani hukuman di Pennsylvania sehubungan dengan serangkaian perampokan bersenjata pada 1990-an.

Tahanan lain yang melarikan diri, Provinsi Tracy dan Daniel Renwick, menjalani hukuman pembunuhan.

Provinsi, McCluskey dan Welch terkait dengan pembunuhan Gary dan Linda Haas dari Tecumseh, Oklahoma, yang mayatnya yang terbakar ditemukan pada 4 Agustus di sebuah trailer perjalanan di sebuah pertanian terpencil.

“Ini adalah berita terbaik yang kami dapatkan dalam 10 hari,” kata Sheila Walker, salah satu sahabat Haases, tentang penangkapan itu. “Semua orang hancur dan menangis sedikit.”

Di ruang sidang Apache County pada hari Jumat, Hakim Grimsley meminta alamat McCluskey. “Aku tidak punya,” jawabnya. Dia kemudian menandai Departemen Pemasyarakatan negara bagian sebagai tempat tinggalnya.

Untuk itu, McCluskey berkata, “Ya, saya pikir itu saja.”

___

Cooper berkontribusi pada laporan ini dari Phoenix.

keluaran hk hari ini